Pages - Menu

11/17/2013

Mencermati: Tulisan di Belakang Motor


Sebagai negara yang dikatakan sebagai negara berkembang--bahasa halusnya negara tertinggal--Indonesia masih sibuk berkutat dengan kemacetan, satu hal yang mungkin menjadi sebab utamanya adalah tingginya jumlah pengendara motor. Disamping itu, pasti selalu tersimpan banyak hikmah didalamnya. Termasuk saat macet, biasanya gue suka mencermati apa yang berada di bawah plat nomer tiap motor. Iya stiker-nya.

Mungkin udah banyak stiker-stiker motor yang pernah gue baca, dan mungkin karena saking banyaknya gue sendiri bisa meng-klasifikasi-kan jenisnya ke beberapa bagian. Let me!

Pengingat
Gue bersyukur banget kalo ketemu sama stiker kaya gini. Ini adalah contoh pengendara yang sopan sekaligus pengendara yang banyak pahala! Gimana engga? Biasanya stiker yang ia tempel itu yang berbau religi ataupun keselamatan dalam berkendara. Misal: "Jaga jarak anda!";"Ingat sholat!";"Jangan ngebut, anak-istri menanti dirumah!" dll. Adem deh pokoknya kalo ngeliat-ngeliat stiker jenis ini, dan bermanfaat buat orang banyak, TOP!

Ngajak Berantem
Golongan kedua ini yang biasanya jadi mayoritas para pemilik kendaraan roda dua. Gue nggak bisa menyalahkan juga sih. Nah, inilah stiker yang paling banyak varian-nya. Mulai dari yang ngledek pengendara dibelakangnya sampe yang terkesan ngajak berantem orang yang bacanya. Haha. Misal: "Yang belum mirip, nggak boleh nyalip" *disertai gambar monyet*; "Motor kredit, dilarang nyalip";"Motor aing, kumaha aing" dan lain yang emang bikin emosi nyulut! SABAR!!!! SABAR AJA GUE MAH!!! IYA!!!

Matic vs Oper Gigi
Sampai saat ini gue ngga tau siapa yang bikin stiker duluan, apakah itu yang mengagungkan motor tanpa oper gigi atau manual. Jelas yang buat duluan pasti tukang stiker. Iya iyalah *tangan kuncup taro jidat*. "HARI GINI OPER GIGI? CAPE DEH.." dibales lagi sama stiker lainya, "HARI GINI NGGA PAKE GIGI? OMPONG DONK.." dibales lagi, "COWOK PAKE MATIC, CEWEKNYA PASTI CANTIK" dibales lagi, "COWOK PAKE MATIC? SEKALIAN AJA PAKE LIPSTIK" gitu terus, engga ada habisnya. Huf-ty.

Identitas Sebuah Komunitas
Banyaklah yang pake stiker ini didasari atas kebanggan terhadap identitas yang ia miliki. Entah itu sekolah, komunitas, instansi, dan banyak lainnya. "We are Red Batik" gitu misalnya. :))

C 1 NTA
Tak sedikit nih yang pakai stiker jenis ini, mulai dari pengendara yang masih remaja sampai yang sudah tua. Biasanya stiker ini tentang plesetan-plesetan lucu. Haha. Misal: "Walaupun roda dua, tapi hati tak mendua";"Tuhan.. Kalo dia jodohku tolong dekatkan, kalo bukan, tolong dicek lagi takut ada yang salah";"Dalam pengawasan mertua";"Pergi karena kerja, pulang karena cinta" dll.

Singkatan Lucu Ga Penting
 IJO LUMUT: IKATAN JOMBLO LUCU DAN IMUT
SNSD: SEBELUM NYALIP SELAU DOA
B 217 AN: BERDUA SATU TUJUAN
PB KMJ: PERSATUAN BULUTANGKIS KAMIS MALAM JUM'AT

Masih banyak lagi contoh yang lain. Semoga terus menjadi media penghibur ditengah penat dan macet setiap harinya!


Lainnya:









***


Well, itu dia beberapa tagline yang selalu dibanggakan bagi tiap pengendaranya. Termasuk gue, dengan "Yang jelek boleh duluan." nya. Sebenernya ada satu lagi stiker yang bikin gue penasaran dan gue mau cari yaitu: Gue ngga ngiler sama harta, tahta ataupun wanita. Gue ngiler kalo tidur miring. Haha.

 Cheers!







Thanks to: google.co.id keyword: Stiker lucu, stiker motor.
                  kaskus.co.id thread tentang stiker motor

2 komentar:

  1. kalo di angkot suka ada stiker bokep -_- atau iklan obat kuat... #AnakAngkot

    BalasHapus
  2. Pffft. Atau stiker "Jauh-deket 2000 saja" ya, Mo? Haha.

    BalasHapus