Pages - Menu

2/28/2014

Ad interim at Jogja

Tingtong! 

Waktu telah beranjak menuju pukul sebelas malam, tetiba suara notifikasi tab gue memecah lamunan, terlihat ada pesan via whatsapp yang baru aja masuk. Siapa gerangan? Ternyata temen gue disana. Kurang lebih isinya gini:

" Pau, mau ke Jogja?"

Gue bales deh, "Iya, kenapa?"

"Kapan? Udah berangkat?"

"Iya ini lagi di kereta, ada apa?"

"Hati-hati ya, good luck tesnya! :)"

"Iya, makasih. :) Hehe."

"Btw, lo sendirian? Nginep dimana nanti?"


Jeger! Bak geluduk yang kembali memecah keheningan gue (lagi), iya tidur dimana ya gue nanti?

 ***
Ahsudahlaaaaaaah, percakapan tadi gue lebay-in dikit. Aslinya ngga gitu banget, sih. Haha.

Ohiya, gue sekarang lagi di kereta, dalam perjalanan menuju kota Jogja yang terkenal sebagai kota pelajar. Iya, rencananya gue mau melanjutkan studi ke salah satu perguruan tinggi disana, nah lusanya gue mau tes masuk. Namun, sebelum tes masuk, gue mesti kesana dulu untuk melengkapi berkas sekaligus registrasi dan mengambil kartu ujiannya esok hari.

Kembali gue membuka tab dan melihat isi pesan terakhir, bener juga ya, nginep dimana nanti? Minimal gue butuh dua malem di Jogja. Ngga mungkin kan gue tidur di pelataran parkir bus Malioboro? Atau gue tidur di Keraton aja? Bareng Sultan dan dayang-dayangnya? Bareng abdi dalem deh, gapapa. Ngaco lo, Pau!

Oh Tuhan, tolonglah hamba-Mu ini.

Meski gue tau trip ini dilakukan secara impulsif, tapi sebenernya sih gue juga agak khawatir karena bener-bener belum punya jaminan tempat tinggal untuk  beberapa hari disana. Oke, gue coba me-reply pesan tadi.

"Nginep dimana, ya? Ngga tau juga, nanti deh gampang. Hee."

"Yah, kok gitu? Kalo belum tau, nanti coba gue hubungin abang gue deh. Nginep aja bareng dia."

Tuhan Maha Mendengar. Mendengar gue yang tadi berbisik dalam hati untuk mencari penginapan.

"Gimana, ya? Ngga usah, deh. Takut ngerepotin nanti." *sok-sok menolak tapi tetep ngarep*

"Gapapah, serius. Nih, gue telpon abang gue dulu ya! Bentar!" 

Gue berdoa dalam hati, antara ngga enak dan terpaksa sekaligus kepepet emang beda tipis. Berharap yang terbaik, berharap bisa dapet kabar baik, kabar baik jawaban iya dari temen gue tadi. Iya untuk bisa nginep bareng abangnya. Gue tunggu.

*satu menit*

*tiga menit*

*mau menit kelima* *agak was-was campur khawatir*

Tingtong!

*buru-buru buka tab*

"Pau, nginep bareng abang gue aja ya, tadi gue udah telepon. Ini nomernya 080989999.... telkomnet instan"

HIYAAAAAAAAKKKKKK TIGA KALI TERIAKKAN UNTUK PENGINAPAN GERATIS!

Hip-hip? Hore.

Setelah gue merusak keheningan gerbong kereta, gue berterimakasih kepada temen gue yang tadi dan tak lupa kepada Tuhan. Alhamdulillah!

Oke, gue mencoba memperkenalkan diri kepada abangnya temen gue yang belakangan gue tau namanya adalah Farhan. Gue manggilnya mas Aan, atau lebih singkatnya lagi mas aja. Kami merencanakan untuk ketemuan besok pagi di stasiun Tugu Jogja, dan gue akan dijemput disana. Baik banget.

Dari situ gue memutuskan untuk memasang alarm supaya bisa bangun sebelum jadwal kereta nyampe untuk bersiap-siap lebih dulu. Bye!

Abu dan Tiga Pagi

Sejenak membuka mata, hingga tersadar bahwa gerbong mulai diliputi asap. Kenapa, ya? Ada apa ini? Tanya gue dalam hati. Awalnya gue anggep itu asap, namun kenapa tambah banyak, ya? Semoga ngga ada masalah dengan mesin dan segala sesuatunya yang dapat membahayakan kami semua yang berada didalamnya.

Gue anggep enteng, anggep sebagai asap lalu aja.

Buka tab, buka twitter.

Ternyata rame, rame #PrayForKelud. Oalah, ternyata tepat pukul sepuluh malam tadi Gunung Kelud meletus dan yang tadi gue lihat itu bukan asap tapi abu vulkanik imbas dari erupsinya. Sebegini wah-nya kah letusannya? Berdoa yang terbaik ajalah.

Bersamaan dengan itu juga semua penumpang mulai menjadi ahli pembuat masker dadakan. Berdasar apa yang mereka bawa, semuanya disulap menjadi penutup mulut dan hidung darurat. Gue juga ngga mau ketinggalan, dengan barang sakti yang gue selalu bawa kalo nge-trip, gue ikutan menciptakan masker sendiri. This is the Miracle of Sarung!

Agak ngga betah gini sih, tapi apa daya untuk beberapa saat aja. Terlebih, didalem gerbong ini masih ada anak bayi yang beresiko banget kalo kena abu vulkaniknya. Kan kesian. :((



Suasana gerbong yang mulai disesaki abu. Itu lantainya memutih gitu.

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pukul lima lebih sedikit gue sampe di stasiun Tugu. Setelah beranjak cepat dari kereta gue mulai menghirup udara yang lebih bersih dibanding dua jam sebelumnya. Syukur.

*buka whatsapp*

"Dimana, Mas? Jogja hujan abu juga, ngga?"

"Engga kok, bentar ya. Lo keluar Tugu ke arah Pasar Kembang aja, nanti gue jemput disitu."

"Oke." bales gue singkat.

Mulai mencari dimana arah menuju Pasar Kembang dan gue masih ngga percaya ngeliat kondisi stasiun dengan ornamen putih ditiap sudutnya (re: abu everywhere). Keren!

"Eh, bentar ya. Ternyata hujan abu juga. Hehe. Tunggu redaan dulu ya."

"Oke." bales gue singkat lagi.


Selang sepuluh hingga lima belas menit menunggu, gue menerka pria cenderung tinggi dari rata-rata orang Indonesia umumnya dan seperti pernah gue lihat mukanya di display picture whatsapp.

That's! Mas Aan!

Hiye, meski gue setengah ragu untuk mengulurkan tangan karena takut salah orang ternyata beliau membalas dengan jabatan yang mantap.

"Fauzi!"

"Farhan. Udah lama nunggu, ya? Mau nunggu dulu apa langsung terobos nih?"

Dan kita memutuskan melawan abu ditengah gelapnya pagi yang bahkan jarak pandang cuma satu hingga dua meter aja, betapa heroiknya kami....



Selamat datang di Yogyakarta edisi hujan abu!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar